Apa Yang Harus Pelajari Untuk Menjadi Back-End Developer

Apa Yang Harus Pelajari Untuk Menjadi Back-End Developer
(Sumber gambar : www.pexels.com)

Back End Developer adalah seseorang yang mengurus bagian logika pemrograman agar sebuah website bisa berjalan sebagaimana mestinya. Pekerjaannya adalah dibelakang layar. Namun tanpa orang dibelakang layar ini, website yang dibuat tidak akan menjadi sebuah website yang dinamis atau hanyalah menjadi website yang statis saja.

Programmer Back End mengacu pada sisi server sebuah website atau aplikasi tertentu. Biasanya programmer Back End itu orang yang logikanya bagus karena mereka yang akan berpikir bagaimana proses jalannya sebuah aplikasi.

(Baca Juga : Perbedaan Front-End dan Back-End Developer)

Terus apa yang harus dipelajari untuk menjadi Back End Developer :

1. Belajar Algoritma

Back End Developer adalah seorang pemikir. Dia berpikir bagaimana menyelesaikan masalah-masalah besar dan menyelesaikannya dengan langkah-langkah sederhana atau kecil. Biasanya bagi teman-teman yang kuliah di Teknik Informatika atau Ilmu komputer lainnya Matakuliah Algoritma ini diberikan diawal.

Tujuannya apa, supaya sebelum membuat program, teman-teman harus mengerti bagaimana membuat program dengan logika yang baik. Maaf ya, saya curhat dulu saya saat kuliah tidak terlalu memperhatikan matakuliah ini karena saya rasa tidak penting.

Ah, Kenapa tidak langsung ngoding aja? Hm...Sekarang baru saya sadari bahwa saya salah besar. Jadi teman-teman jangan seperti saya ya. Jangan terlalu buru-buru ngoding, semua ada saatnya. Perbagus logika teman-teman, implementasikan di program-program sederhana.

2. Pilih Bahasa Pemrograman Back End


Bahasa pemrograman Server Side atau untuk Back End itu ada banyak. Misalnya PHP, Python, Java, Ruby dan yang terbaru sekarang itu adalah JavaScript dengan teknologi Node.js dan masih banyak lagi ya.

Untuk teman-teman pemula saya sarankan untuk belajar PHP karena relatif mudah dipelajari. Selain mudah, di Indonesia saat ini PHP juga merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sangat populer.

Disamping itu teman-teman juga bisa belajar dari forum-forum online yang sangat membantu
teman-teman kalau ada persoalan. Tapi semua terserah teman-teman mau pilih bahasa pemrograman mana pun, It's Ok.

3. Pelajari OOP dan konsep MVC

OOP (Object Oriented Programming) merupakan paradigma pemrograman yang berorintasi pada objek. Tujuan OOP adalah untuk mempersingkat penulisan program.
Karena OOP menggunakan fungsi-fungsi dan fungsi tersebut bisa dipanggil kembali tanpa harus menulis ulang seperti di pemrograman prosedural. Kemudian apa itu MVC?

  • M = Model, Ini berkaitan dengan basis data atau database.
  • V = View, berkaitan dengan tampilan program.
  • C = Penghubung antara Model dan View.

Tujuan mempelajari MVC adalah mengelompokan fungsi-fungsi tertentu sesuai kegunaanya. Dengan menggunakan MVC program yang kita buat akan lebih mudah saat akan dimaintenance. Hal ini tentu akan memudahkan pengembangan aplikasi selanjutnya.

4. Framework

Hampir semua framework menerapkan konsep MVC misalnya Codeigniter dan Laravel untuk PHP. Semua framework ini menerapkan konsep MVC ini. Maka dipoin sebelumnya tadi saya kasih poin belajar OOP dan Konsep MVC agar teman-teman tidak kebingungan saat sudah sampai di Framework.

Jadi pelajari dulu itu baru ke Framework konsep OOP dan MVC. Tujuan menggunakan Framework ini yaitu untuk mempermudah proses pengembangan aplikasi. Disamping itu demi keamanan aplikasi yang kita kembangkan karena semua framework itu sudah dilengkapi dengan
keamanannya masing-masing.

5. Pelajari Database


Seorang Back End Developer juga harus mempelajari database, misalnya MySQL dan masih banyak lagi. Tujuan utama pengolahan database adalah untuk menemukan apa yang kita cari menjadi lebih mudah dan cepat.

Yang perlu dipelajari antara lain relasi database, keamanan data, bagaiman mengefisiensi ruang penyimpanan, dan bagimana cara mempermudah serta mempercepat proses  pengolahan database. Sebenarnya masih banyak yang lain namun setidaknya teman-teman tahu gambarnya.

Saya rasa sekian untuk postingan saya kali ini. Semoga bermanfaat bagi teman-teman. Kalau ada yang mau ditanyakan atau mau memberikan masukan, tanggapan dan lain sebagainya silahkan tulis dikolom komentar.

Selamat Mencoba,
Salam Sukses...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Percayalah, Semuanya Akan Baik-Baik Saja

Keyakinan Adalah Energi Terbesar Yang Kita Miliki Dalam Hidup

Cara Mengikhlaskan Segala Sesuatu