Cara Mengatur Waktu Dengan Baik dan Benar

Cara Mengatur Waktu Dengan Baik dan Benar
(Sumber Gambar : Pexels.com)


Waktu adalah kesempatan atau peluang yang sangat berguna bagi kita.Bilamana kita tidak menggunakan waktu dengan baik dan benar,maka hilanglah pula kesempatan atau peluang kita.Waktu itu bagaikan air yang mmengalir dan tidak akan pernah kembali.Mungkin kesempatan itu bisa datang dua kali,namun itu jarang terjadi.

Oleh karena itu sebelum kita membuang waktu begitu banyak dengan hal-hal yang tidak ada gunanya buat kita,maka diharapkan kita bisa menggunakan waktu kita tersebut dengan baik. Namun,terkadang kita tidak tahu caranya mengatur waktu kita,itulah yang menjadi hambatan.

Oleh karena itu,pada kesempatan kali ini,saya ingin membagikan tips bagaimana cara mengatur waktu itu sebenarnya.Untuk lebih lanjutnya kita simak pembahasan berikut ini :


1. Dahulukan apa yang anda anggap penting

Cara pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan apa yang paling penting dalam kehidupan anda.Ketika anda bisa memprioritaskan sesuatu yang paling penting dalam hidup anda,saya yakin waktu anda tidak ada yang buang percuma.

Untuk mempermudah mengetahui apa yang paling pentig dalam hidup anda,anda harus membuat daftar kegiatan dari yang terpenting sampai yang kurang penting.Yang dimaksud kurang penting disini adalah walaupun hal tersebut tidak anda lakukan,tidak akan berpengaruh terhadap anda terutama masa depan anda.

Ketika daftarnya sudah ada,jadikanlah daftar tersebut setiap hari untuk menuntun anda mengatur waktu dengan baik.

2. Jangan sering menunda sebuah pekerjaan

Menunda adalah lagu lama yang sering membuat kita terjebak dalam jurang kehancuran.Mengapa? Karena menunda adalah awal dari kebiasaan malas.Ketika sesuatu itu sudah menjadi sebuah kebiasaan,maka saya yakin anda akan susah mengendalikannya.

Ingat dan akan selalu ingat “rantai kebiasaan itu terlalu lemah untuk dirasakan hingga terlalu kuat untuk diputuskan”.Oleh karena itu,mulai saat ini berhentilah menunda pekerjaan,kalau bisa dilakukan sekarang lakukanlah.

3. Komitmen

Komitmen itu berarti janji dengan diri sendiri atau orang lain.Komitmen adalah langkah yang paling tepat dalam mengatur waktu.Misalnya kita berkomitmen untuk bangun tidur pukul 05.00 setiap hari,janji untuk rajin belajar atau lain sebagainya,maka hal tersebut harus kita lakukan karena itu adalah komitmen kita sendiri.

4. Konsisten terhadap waktu

Komitmen tanpa konsisten adalah mati atau kosong.Tanpa anda berkonsiten terhadap apa yang anda janjikan semua itu adalah sia-sia.Komitmen dan konsiten sebenarnya saling berkaitan,artinya supaya kita bisa mengatur waktu dengan baik,kita harus komitmen dulu dengan diri sendiri atau orang lain,kemudian langkah selanjutnya adalah melakukan apa yang sudah anda sudah anda janjikan.

Kalau anda mengabaikan salah satunya, maka semuanya tidak akan berhasil.Maka dari itu, komitmen dan konsisten itu harus selalu beriringan.

Keempat cara diatas merupakan cara sangat simple,tapi terkadang orang mengabaikan hal tersebut.
Harapan saya ketika anda sudah membaca postingan ini,anda bisa mempraktekkan hal sederhana tersebut,sehingga bisa menjadi kebiasaan.Biarlah kebiasaan itu membentuk karakter dan pribadi anda.

Ingat satu hal,bahwa sesuatu yang kompleks itu dimulai dari hal-hal sederhana.Jika anda mengabaikan yang sederhana, bagaimana mungkin anda bisa mencapai hal yang luar biasa dan kompleks.

Sekian dan terima kasih,semoga postingan kali ini bisa bermanfaat bagi anda semua dan yang penting adalah anda bisa melakukan hal-hal diatas dengan baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Percayalah, Semuanya Akan Baik-Baik Saja

Keyakinan Adalah Energi Terbesar Yang Kita Miliki Dalam Hidup

Cara Mengikhlaskan Segala Sesuatu