Manfaat Masalah Dalam Hidup

Manfaat Masalah Dalam Hidup
(Sumber Gambar : Pexels.com)


Cobaan apa lagi ini?
Masalah lagi-masalah lagi,kapan kau punah masalah? Pusing!!! Masalah terus….kapan berakhir?

Diatas adalah contoh respon kebanyakan orang mengenai masalah.Tapi tahukah kita sejauh mana masalah mengubah cara pandang dan pikir kita, apakah sebenarnya masalah itu dan apa manfaatnya.Untuk menjawab pertanyaan tersebut,mari simak pembahasan berikut.

Kehidupan mengajarkan kita banyak hal terutama jika kita mengalami masalah. Masalah adalah ketika apa yang kita harapkan tidak sesuai dengan kenyataan. Masalah sebenarnya teman terbaik yang mengajarkan kita banyak hal.Tapi terkadang kita sering menganggap masalah itu sebagai sesuatu yang buruk atau memandangnya sebagai hambatan.

Manfaat masalah dalam kehidupan :

1. Pengalaman

Dengan masalah,kita mendapatkan berbagai macam pengalaman. Pengalaman itulah yang mengubah hidup kita dan mengubah cara pandang kita tentang sesuatu.  Bila kita tidak menemukan banyak masalah dalam hidup, kita tidak akan mendapatkan banyak pengalaman.

Sebaliknya, semakin banyak masalah, semakin banyak pengalaman yang kita petik dari masalah tersebut. Jadi,janganlah menganggap masalah sebagai hambatan jadikanlah itu sebagai tantangan.

2. Pelajaran

Hidup mengajarkan kita banyak hal melalui masalah. Tanpa masalah, kita tidak mendapatkan pelajaran apa-apa. Masalah mengajarkan kita kesabaran, dengan masalah, kita akan menjadi pribadi yang sabar dan kuat.

Dan masih banyak lagi manfaatnya dalam hidup kita. Kita tidak akan mengerti arti sebuah kebahagiaan tanpa adanya masalah. Kita tidak akan mengerti artinya cinta sejati bila kita tidak pernah disakiti. Dengan demikian masalah adalah pelajaran yang paling berharga dalam hidup kita.

3. Masalah adalah awal kesuksesan

Bila kita tidak mau ada masalah dalam hidup, jangan  harap menjadi orang sukses. Orang-orang sukses itu adalah mereka yang sudah menghadapi masalah demi masalah dalam hidupnya. Baik itu masalah kecil maupun besar.

Tapi  ada perbedaan pandangan mengenai masalah oleh orang sukses dan orang biasa. Orang biasa cenderung menganggap masalah sebagai suatu kecelakaan, suatu keburukkan dan semua asumsi tidak baik lainnya. Tapi orang sukses menganggapnya sebagai tantangan baru, bahkan mereka cenderung keluar dari zona nyaman mereka untuk mencari sebuah masalah (tantangan) baru.

4. Masalah adalah teman terbaik anda

Kalau anda selama ini mengira bahwa masalah adalah sosok yang menakutkan dalam hidup anda, anda salah besar. Karena kenyataannya masalah teman yang selalu memberikan kita banyak pelajaran dan pengalaman. Masalah sekalipun dipandang sebagai sebuah keburukan, sebuah hambatan. Tapi nyatanya masalah adalah bagian terpenting dalam hidup kita. Hidup tanpa masalah adalah mati.

Biasanya orang yang lari dari masalah adalah seorang pecundang. Orang seperti itu tidak layak hidup. Ketika anda memandang masalah sebagai musuh anda, maka dia akan melawan anda.
Tapi jika anda memandang masalah sebagai teman terbaik anda, dia akan menjadi penuntun anda.

Cintailah masalah layaknya teman terbaik anda, maka ia akan berbalik mencintai anda dan memberi banyak manfaat buat anda.

Kesimpulan: 

Masalah adalah bagian yang tak terpisahkan dari hidup kita. Masalah adalah ketika harapan tidak sesuai dengan kenyataan. Tapi, dengan masalah, kita mendapatkan banyak pengalaman dan  pelajaran. Dari situlah kita belajar mengerti tentang kehidupan. Itulah teman terbaik anda. Cintailah masalah maka ia akan berbalik  mencintai anda.


Komentar

  1. Setiap manusia mempunyai masalah,,karena dari masalah itu kita bisa belajar dan mempunyai pengalaman untukk merubah hidup yang layak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sobat, jadi intinya jangan lari dari masalah, biarkanlah masalah yang akan mengajarkan kita banyak hal,,,Mkasih atas kunjungannya, Jangan lpa mampir lagi, semoga tulisan ini bermanfaat...

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Percayalah, Semuanya Akan Baik-Baik Saja

Keyakinan Adalah Energi Terbesar Yang Kita Miliki Dalam Hidup

Cara Mengikhlaskan Segala Sesuatu