Skill Yang Wajib Dimiliki Untuk Menjadi Front-End Developer

Skill Yang Wajib Dimiliki Untuk Menjadi Front-End Developer
(Sumber gambar : www.pexels.com)

Semakin majunya perkembangan teknologi terutama di web development, semakin banyak pula developer andal yang dibutuhkan untuk mengembangkan project tertentu. Mulai dari project kecil, menengah sampai yang kompleks.

Hal inilah yang membuat developer memilih project sesuai keahlian masing-masing atau sesuai spesialisnya masing-masing. Misalnya di dunia kesehatan ada dokter yang gigi, dokter kecantikan, dokter hewan dan lain sebagainya.

Begitu pula dengan developer dibagi menjadi beberapa bagian yaitu Front End Developer, Back End Developer dan Full Stack Developer. Namun kali ini saya hanya membahas tentang Front End Developer.

(Baca Juga : Perbedaan Menjadi Front-End dan Back-End Developer)

Front End Developer adalah seorang programmer yang mengurusi bagian layout atau tampilan sebuah website atau aplikasi. Tujuannya adalah untuk membuat website atau aplikasi tertentu terlihat lebih menarik atau biasa disebut user friendly.

Untuk menjadi Front End Developer teman-teman perlu belajar mengenai beberapa hal diantaranya :

1. HTML

HTML (HyperText Markup Languange) adalah pondasi atau dasar bagi sebuah website. HTML menggambarkan struktur halaman web menggunakan markup. Seorang yang menjadi Front-End Developer bahkan yang menjadi Back-End Developer haruslah menguasi HTML ini.

Untuk memperljari HTML ini tidaklah susah kalau teman-teman mau serius untuk belajar salah satu website yang merupakan tempat belajar saya juga yaitu w3schools.com disitu teman-teman bisa mempelajarinya dari awal sampai akhir atau di webiste-website lainnya seperti DuniaIlkom.com, SekolahKoding.com dan masih banyak lagi.

2. CSS

CSS (Cascading Style Sheets) menjelaskan bagaimana elemen HTML harus ditampilkan. CSS inilah yang akan membuat website kita jadi lebih berwarna dan yang lebih penting adalah menarik untuk dilihat oleh pengguna.

Misalnya untuk membuat background, warna font, membuat tampilan menu navigasi dan yang tidak kalah penting yaitu membuat website kita jadi responsive atau bisa ditampilkan dengan baik diberbagai perangkat seperti HandPhone, Tablet dan PC.

3. JavaScript

JavaSript adalah bahasa pemrograman client Side artinya berkerja disisi klien. Sebenarnya untuk membuat website statis sederhana teman-teman bisa hanya menggunakan HTML atau HTML dengan Css.

Namun untuk membuat website yang dibangun menjadi lebih interaktif teman-teman butuh
JavaScript. Misalnya untuk membuat animasi yang kompleks, membuat slider, menampilkan pop-up konfirmasi dan masih banyak lagi.

JavaScript ini sangatlah penting bagi teman-teman yang mau fokus ke Front End Development
karena dengan JavaScript inilah yang membuat User Experience pengguna menjadi lebih baik yang akan membuat user tertarik dengan website kita.

Namun dengan kehadiran teknologi Node.js sekarang JavaScript bisa digunakan disisi Back-End dan hal inilah yang membuat JavaScript semakin naik daun.

Terus apa selajutnya?
Setelah teman-teman menguasi tiga hal diatas atau setidaknya paham dengan dasar-dasarnya teman bisa belajar lebih lanjut tentang teknologi dan skill yang harus dipahami untuk Front-End Development.


4. Belajar Bootstrap


Bootstrap adalah salah satu framework CSS. Sebenarnya masih banyak Framework CSS yang lain, tapi yang paling populer adalah Bootstrap. Bootstrap sangat berguna bagi Front-End Development karena dengan bootstrap ini bisa mempercepat pengembangan sebuah website.

Bayangkan dengan kode HTML dan CSS teman-teman menulis beratus-ratus kode program sendiri. Dengan menggunaka Bootstarp teman-teman mungkin akan menuliskannya hanya berapa baris listing saja dan yang pastinya dengan menggunakan bootstrap ini website yang kita bangun otomatis sudah responsive.

Jadi teman-teman tidak perlu mengutak-atik kode CSS untuk membuat responsivenya sendiri.

5. JQuery 

JQuery adalah sebuah library JavaScipt yang digunakan untuk mengembangkan website interaktif dengan cepat tanpa menulis banyak menulis kode JavaScript. Contohnya untuk membuat validasi form, membuat navigaasi yang interaktif dan slider yang menarik.

Teman-teman hanya perlu mempelajari cara penggunaanya dan silahkan diterapkan di website teman-teman.

Sebenarnya masih banyak teknologi Front-End lain yang saya bahas disini tapi saya rasa ini sudah cukup untuk teman-teman yang baru belajar.

Dari beberapa teknologi diatas, disarankan untuk mengerti dulu dasar seperti HTML, CSS dan JavaScript sebelum menuju ke Framewok atau library tertentu. Karena jangan sampai nantinya teman-teman kebingungan sendiri saat menggunakannya.

Semua hal diatas bisa dipelajari secara cepat asalkan teman-teman rajin mencoba, mencoba dan memcoba. Lawan rasa Malas. Mulailah dengan karya-karya kecil karena karya-karya besar dimulai
dari situ.  

Dan satu lagi, Karya terbaik yang ada di dunia ini adalah Karya Yang Anda Buat Sendiri maka dari itu jangan pernah berhenti belajar.

Sekian dan Terima Kasih
Salam Sukses...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Percayalah, Semuanya Akan Baik-Baik Saja

Keyakinan Adalah Energi Terbesar Yang Kita Miliki Dalam Hidup

Cara Mengikhlaskan Segala Sesuatu