4 Cara Berbicara Yang Efektif Dengan Orang lain

4 Cara Berbicara Yang Efektif Dengan Orang lain
(Sumber gambar : www.pexels.com)

Salah satu kebutuhan manusia adalah berbicara atau berkomunikasi dengan orang lain. Komunikasi itu sendiri adalah proses menyapaikan pesan dari pemberi ke penerima pesan. Komunikasi sangat penting dalam menjalin hubungan atau kerjasama dengan orang lain dalam berbagai hal. Misalnya dalam berbicara dengan orang lain, presentasi di kelas atau bahkan promosi produk dan lain sebagainya.

Namun terkadang komunikasi yang kita jalin dengan orang lain jadi tidak menyenangkan karena pembicaraan kita yang kurang bagus atau tidak efektif. Untuk mengatasi hal ini, saya coba mengulas beberapa cara yang efektif dalam berbicara dengan orang lain :

1. Kenali Lawan Bicara Anda dan Mampu Beradaptasi
Sebelum berbicara pastikan anda mengenal dengan siapa anda bicara. Bedakan saat anda berbicara dengan teman, orangtua, dosen ataupun bos anda. Itu adalah faktor penting dalam komunikasi, karena itu akan menentukan sikap anda dalam berbicara. Dengan mengetahui siapa lawan bicara anda dan seperti apa orang tersebut anda akan tahu bagaimana cara anda berbicara dan apa yang perlu anda bicarakan.

Bagaimana kalau yang kita jumpai adalah orang yang belum kita kenal?
Seperti salah satu poin diatas, kita harus mampu beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan situasi atau lingkungan tertentu. Biasakan dalam berkomunikasi dengan orang yang baru anda kenal gunakan bahasa yang sopan, biasakan dengan menjabat tangan dan perkenalkan diri supaya lebih akrab. Dengan begitu pembicaraan menjadi tidak kaku apabila sudah saling mengenal.

2. Gunakan Bahasa Yang Sopan dan Jaga Perilaku Anda
Setiap orang mau dihargai, siapapun dia, cobalah untuk berbicara dengan kata-kata yang sopan dan tidak menyinggung perasaan orang lain. Dengan begitu orang akan suka berbicara dengan anda dan pastinya mendengarkan apa yang anda bicarakan.

Bagaimana dengan perilaku?
Pastikan saat anda bicara dengan orang lain, singkirkan hal-hal menggagu pembicaraan anda dengan orang lain, misalnya main hp saat berbicara dengan orang lain atau melakukan hal lain yang tidak penting. Ini adalah salah satu hal yang menggangu dan bahkan menyinggung perasaan orang lain dalam berbicara. Seakan-akan lawan bicaranya tidak dianggap dan orang tidak akan mendengarkan pembicaraan anda. Sekalipun mereka mendengar, mereka pasti mengabaikan apa yang anda bicarakan.

People may hear your words, But They Fill Your Attitude.
"Orang Akan Mendengarkan Kata-Kata Anda, Tetapi Mereka Merasakan Sikap Anda".
(Jhon Maxwell).

Dari kata-kata Jhon Maxwell ini saya artikan bahwa seberapa indah atau bagusnya kata-kata yang anda sampaikan pada orang lain tapi orang merasakan sikap anda. Karena itu sesuaikan kata-kata yang anda ungkapkan dengan apa yang anda lakukan.

3. Pandanglah Lawan Bicara Anda
Kontak mata juga merupakan salah satu hal yang penting dalam berkomunikasi. Ini juga bukan cuma saat anda berbicara dengan orang lain tapi juga saat anda mendengarkan orang lain. Hal ini biasanya membuat komunikasi berhasil. Dengan memandang orang lain saat berbicara, orang lain akan menganggap anda menghargai mereka dan mengharapkan tanggapan mereka. Orang akan merasa penting saat anda berbicara sambil melakukan kontak mata dan hal inilah yang membuat orang tertarik mendengar pembicaraan anda.

4.  Gunakan Bahasa Tubuh
Bahasa tubuh juga menjadi bagian penting dalam berbicara dengan orang lain. Dengan menggunakan bahasa tubuh, anda terlihat percaya diri dan mengerti apa yang anda bicarakan. Misalnya gerakan tangan saat berbicara atau presentasi, sesekali berikan senyuman atau ekspresi lainnya yang menarik lawan bicara anda untuk mendengarakan apa yang anda bicarakan.

5. Percaya Diri
Percuma anda sudah mengetahui atau memahami apa yang anda bicarakan tapi anda tidak berani untuk berbicara. Ini biasanya terjadi saat presentasi di kelas didepan teman-teman kelas anda dan juga dosen atau presentasi di kantor dan lain sebagainya. Dengan memiliki kepercayaan diri yang tinggi, anda akan mampu menjelaskan apa yang perlu anda jelaskan. Hal ini tentu akan membuat orang mendengarkan anda dan tertarik pada apa yang anda bicarakan.

Percaya diri muncul disaat kita berani mencoba. Tidak percaya diri ada karena kita tidak pernah mencoba. (Unknwon)

Bagaimana kita belajar untuk percaya diri?
Dengan cara mencoba untuk berani mengungapkan apa yang mau kita ungkapkan. Karena sekali anda percaya diri, dan terus mencobanya itu akan menjadi kebiasaan.
Cobalah...

Sekian ya tulisan saya kali ini, semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca semuanya.
Terima Kasih,
Sampai Juga Lagi....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Percayalah, Semuanya Akan Baik-Baik Saja

Keyakinan Adalah Energi Terbesar Yang Kita Miliki Dalam Hidup

Cara Mengikhlaskan Segala Sesuatu