Cuma Satu Kunci Kegagalan Yaitu Ketika Anda Berhenti Berjuang dan Menyerah


Cuma Satu Kunci Kegagalan Yaitu Ketika Anda Berhenti Berjuang dan Menyerah
(Sumber gambar : www.pexels.com)

Ketika kita dihadapkan pada masalah, selalu ada dua pilihan Berjuang atau Menyerah. Setiap orang pasti memilih diantara keduanya itu. Tidak bisa Golput.

Karena ketika kita memilih untuk Golput, sama halnya dengan kita Menyerah. Itu semua hasil keputusan kita masing-masing.

Kita berjuang karena kita merasa apa yang kita perjuangkan itu begitu penting dalam hidup kita. Namun ada kalanya, kita mulai menghadapi masalah demi masalah. Disitulah sebenarnya kita diuji apakah kita layak mendapatkan apa yang kita perjuangkan itu?

Percayalah, setiap masalah yang datang saat kita berjuang itu untuk menguji kepantasan kita. Apa kita layak mendapatkannya?

Disini saya mengambil Teori Evolusi Darwin yang bilang : "Siapa Yang Kuat, dia akan hidup atau menang."

Bukan cuma kuat dalam arti fisik tapi mental juga harus kuat. Bagaimana bisa menyelesaikan masalah demi masalah yang muncul. Bagaimana bisa mengontrol diri terhadap masalah-masalah itu.

Setiap orang bergelut dengan masalahnya masing-masing. Jangan pernah bilang, ah, masalah-Nya lebih kecil daripada masalah yang saya hadapi. Atau masalah yang saya hadapi lebih besar dari pada masalah orang lain.

Ingat! Semua punya porsinya masing-masing, jangan menganggap masalah orang lain lebih ringan dari pada masalah kita. Mengapa? Karena kita tidak berada diposisi tersebut. Kita tidak tahu apa yang mereka rasakan dan sekeras apa mereka berjuang.

Kesuksesan dan Kegagalan merupakan pilihan dan hasil keputusan kita sendiri. Saya rasa tidak ada orang yang mau gagal. Namun, secara tidak sadar memilih untuk  gagal dengan mengeluh, dengan banyaknya alasan dan pada akhirnya berhenti berjuang.

Banyak sekali jalan menuju kesuksesan. Tapi cuma satu jalan menuju kegagalan yaitu ketika anda berhenti.

Seperti ditulis dalam sebuah quotes,  yang saya lupa siapa yang nulis, tapi disitu mengatakan bahwa : "Saya tidak tahu kunci kesuksesan, tapi saya tahu kunci kegagalan yaitu ketika anda berhenti."

Berhenti disini berarti, berhenti dalam berbagai hal, misalnya berhenti berjuang atau berhenti melakukan sesuatu yang kita perjuangkan selama ini.

Disaat itulah sebenarnya kita berjalan menuju kegagalan itu.

Tapi, kalau memang kita benar-benar ingin mencapai apa yang kita inginkan. Menyerah bukanlah pilihan. Itu kita sendiri yang putusan. Dan itu berarti kita tidak pantas mendapatkan hal itu.

Teruslah melangkah, walaupun susah. Jatuh tujuh kali, bangkit delapan kali.
Melangkahlah Maju.

Seperti dikatakan Martin Luther King Jr,
"Jika kau tak bisa terbang, larilah. Jika kau tak bisa lari, maka jalanlah. Jika anda tidak bisa berjalan, kemudian merangkak. Tetapi apa pun yang anda lakukan, anda harus terus maju." (If you can't fly, then run. If you can't run, then walk. If you can't walk, then crawl. but whatever you do, you have to keep moving forward.)

Jadi, teruslah melangkah, walaupun langkah kita tidak seberapa, satu yang pasti kita harus melangkah maju.
Jangan mundur.

Keep Fighting,
Keep Smile...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Percayalah, Semuanya Akan Baik-Baik Saja

Keyakinan Adalah Energi Terbesar Yang Kita Miliki Dalam Hidup

Cara Mengikhlaskan Segala Sesuatu